Menggabungkan dan Memisahkan Objek



OK kali ini kita akan belajar bagaimana cara menggabungkan dan memisahkan objek, dimana teknik ini merupakan teknik dasar blender yang harus di kuasai oleh pengguna blender, Ok lets go to the point…*_^
Sebagai contoh tambahkan Monkey pada layar kerja agar objek kini menjadi dua yaitu objek kubus dan monkey.

memisahkan objek 
Select kedua objek yang ingin digabungkan kan dengan klik kanan dan Shift+klik kanan, objek yang diseleksi terakhir akan menjadi parent atau pusat. kemudian tekan Ctrl+J. Maka kedua objek akan tergabung dan anda bisa menggerakkan objek secara bersamaan.
Terus Apabila anda kemudian bermaksud untuk memisahkan objek yang sudah tergabung, Apa yang anda lakukan…?
This is the Answer…. Anda tinggal mengaktifkan Edit mode dan menseleksi objek yang ingin di pisahkan, anda bisa menggunakan “B”untuk seleksi, “L”untuk seleksi objek yang terdiri dari beberapa objek.
Contohnya pada objek monkey anda bisa arahkan kursor pada objek kemudian tekan “L”, maka objek monkey akan terseleksi otomatis, namun kedua bola matanya masih belum terseleksi, maka lakukan seperti langkah sebelumnya, arahkan pada mata monkey dan tekan “L”. Maka seluruh bagian objek monkey akan terseleksi. Anda juga bisa menyeleksi objek dengan “B” dan jangan lupa menonaktifkan “Limit selection to visible” agar objek bisa terseleksi sepenuhnya sampai bagian objek yang tak terlihat.

visible 
Setelah objek monkey terseleksi Tekan “P” untuk memunculkan option Separate dan pilihSelection
Maka kedua objek tersebut sudah berpisah, anda tinggal mengaktifkan objek mode dan memisahkan objek tersebut, Namun apabila inti objek masih terpisah seperti gambar berikut

 
Maka anda tinggal Ubah Set Origin nya pada jendela Tools menjadi Origin to Geometrymaka pusat nya akan kembali pada objek.

 
That’s all semoga bermamfaat….*_^

Komentar (10)

Komentar anda sangat berharga bagi kemajuan blog ini...