Mengenal Interface Blender



                OK setelah postingan sebelumnya tentang apa itu blender??? Selanjutnya kita akan melangkah selangkah lebih depan dengan Mengenal Interface Blender atau bahasa mudahnya Gimana sih tampilan Blender, ada menu apa aja dalam blender 3D.
                Ok pada saat anda membuka blender maka akan muncul tampilan seperti berikut:

               
 Akan muncul sebuah Screen yang menutupi window blender, yang dinamakan Splash Screen. Dalam Splash screen ini berisi informasi tentang versi blender yang anda pakai, seperti gambar diatas versi dari blender yang saya pakai adalah versi 2.72b, dalam splash screen juga ada Link yang menuju ke website resmi blender jika anda ingin mengetahui apa itu blender lebih jauh, maka anda bisa mengklik link tersebut, tentunya harus terkoneksi jaringan internet lebih dahulu. Disana juga terdapat recent, yaitu daftar file blender yang pernah anda buat sebelumnya, yang bisa anda akses secara cepat melalui splash screen. Untuk keluar dari splash screen dan menuju ke window atau area kerja blender anda bisa mengklik sembarang pada area kerja blender atau dengan mengklik gambar pada splash screen. Oh ya satu lagi jika anda sudah keluar dari splash screen dan ingin menampilkan splash screen kembali anda bisa kemenu help dan pilih Splash screen.
                Selanjutnya area kerja blender bisa leluasa kita lihat tanpa terhalang oleh splash screen. Seperti gambar berikut:


               
 Selanjutnya mari kita mengenal interface blender, kotak warna merah menunjukkan Menu dari blender, sama halnya seperti menu pada aplikasi aplikasi pada dasarnya, disana juga anda bisa mengubah tampilan pada blender dari tampilan default ke tampilan lainnya seperti Animation, Game logic, Compositing dll.
                Selanjutnya kotak ungu menampilkankan Tool pada blender, untuk menyembunyikan dan menampilkanya nya tekan shortcut “T”. Pada tool anda bisa menmbahkan objek, menganimasi objek dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya tentang tool tunggu postingan saya selanjutnya ya.
                The next kotak warna biru menunjukkan Timeline untuk keperluan animasi objek.
                Kotak warna kuning menunjukkan Properites pada blender yang berisi menu yang bisa and gunakan untuk editing pada objek, seperti modifier, texturing, pengaturan kamera, rendering dan lain-lain.
                Kotak warna hijau menunjukkan Outliner atau tool untuk menyembunyikan atau menampilkan objek.
                Dan terakhir yaitu kotak putih berisi area kerja blender, disinilah kita melakukan semua editing pada objek. Anda akan menemukan 3 objek default yaitu box, lighting atau cahaya dan kamera.
                Cukup simpel kan tampilannya walaupun kelihatan ribet, tapi sebenarnya kalo deperhatikan dalam-dalam ternyata tidak rumit kok ^_^.
                Untuk mengubah tampilan defaultnya anda bisa mengubah tampilannya dengan memilih detail pada pojok menu seperti pada gambar di bawah ini:

 

                Mungkin sekian pengenalan tentang interface blender, Salam....*_^

Komentar (4)

Komentar anda sangat berharga bagi kemajuan blog ini...